10 Februari 2011

Dokumentasi Linux

Bila anda pendatang baru di dunia linux/ newbie linux, ada banyak sumber informasi dasar tentang sistem ini. Tempat terbaik untuk menemukan sumber informasi tersebut adalah di Linux Documentation project di http://sunsite.unc.edu/LDP/linux.html. Disini tedapat dokument tentang linux dengan versi terbaru dengan alamat http://sunsite.unc.edu/LDP/HOWTO/installation-HOWTO.html. Anda bisa membaca sumber informasi ini dengan mengunjungi General Linux Information, yaitu the Linux INFO SHEET dengan alamat : http://sunsite.unc.edu/LDP/HOWTO/INFO-SHEET.html. Dan linux Meta-FAQ, di http://sunsite.unc.edu/LDP/HOWTO/META-FAQ. Anda bisa menemukan dokumen sekaligus jawabannya yang umum, yang dikemukakan oleh para pendatang baru Linux di alamat tersebut. Oleh karena itu Anda wajib membacanya. Selain itu, Anda dapat mencari solusi permasalahan di newsgroup USENET, dengan alamat comp.os.linux.help dan comp.os.linux.announce.
Buku Linux Installation and Getting Started adalah buku yang isinya lengkap tentang cara memperoleh dan menginstal linux. Juga berisi cara menggunakan linux pada saat selesai menginstal pertama kali. Buku ini berisi tutorial lengkap dalam menggunakan sistem linux. Anda dapat men-browse, men-download atau mengcopy dari homepage LDP. Versi baru dari The Linux Installation HOWTO akan secara berkala di kirim ke comp.os.linux.help dan news.answer.
Dokumen ini akan di-upload ke berbagai site WWW dan FTP Linux, termasuk ke homepage LDP. Anda dapat membaca versi baru dari dokumen ini di WWW lewat URL http://sunsite.unc.edu/LDP/HOWTO/installation-HOWTO.html. Versi baru dokumen dalam bahasa indonesia bisa anda dapat di URL http://www.linux.or.id.
Cara lain yang paling mudah adalah, jka sudah memiliki CD Linux, anda dapat mencari dokumentasi tentang Linux di direktori \doc pada RedHat, \dist\CORELLINUX-1.0\Main\BINARY-I386\Doc. Sedangkan pada SuSE, di direktori \docu. Atau kalau anda sudah berhasil /usr/doc atau /usr/doc/howto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar